.....::::: SELAMAT DATANG, SEMOGA ANDA PUAS DENGAN IRFANNOLNAM YANG POLOS DAN APA ADANYA :::::.....

Rabu, 18 Januari 2012

Kaum Khawarij dan Murjiah (MAKALAH)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Ketika Nabi Muhammad Wafat (632 M) daerah kekuasaan Madinah bukan hanya itu saja, tetapi boleh dikatakan meliputi seluruh Semenanjung Arabia. Negara Islam di waktu itu, seperti digambarkan oleh W. M. Watt, telah merupakan kumpulan suku-suku bangsa Arab, yang mengikat tali persekutuan dengan Nabi dalam berbagai bentuk, dengan masyarakat madinah dan mungkin juga masyarakat Mekkah sebagai intinya.
Tidak mengherankan kalau masyarakat Madinah pada waktu wafatnya Nabi Muhammad sibuk memikirkan pengganti beliau untuk mengepalai Negara yang baru lahir itu, sehingga penguburan Nabi merupakan soal kedua bagi mereka. Timbullah soal khilafah, soal pengganti Nabi Muhammad sebagai kepala Negara. Sebagai Nabi dan Rasul, Nabi tentu tidak dapat digantikan.

1.2  Rumusan Masalah
Apa persamaan dan perbedaan antara aliran-aliran yang muncul setelah Nabi Muhammad wafat?

 BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Khawarij dan Doktrin-Doktrin Pokoknya
Diantara doktrin-doktrin pokok khawarij adalah berikut ini:
  1. Kholifah atau imam harus dipilih secara bebas oleh seluruh umat islam.
  2. Kholifah tidak harus berasal dari keturunan arab. Dengan demikian setiap orang muslim berhak menjadi kholifah apabila sudah memenuhi syarat.
  3. Muawwiyah dan amr bin al-ash serta abu  musa al-asyari juga dianggap menyeleweng dan telah menjadi kafir.
  4. Seseorang yang berdosa besar tidak lagi disebut muslim sehingga harus dibunuh. Yang sangat anarkis (kacau) lagi, mereka menganggap bahwa seorang muslim dapat menjadi kafir apabila ia tidak mau membunuh muslim lain yang telah dianggap kafir dengan resiko ia menanggung beban harus dilenyapkan pula.
  5. Adanya wa’ ad dan waid (orang yang baik harus msuk surga, sedangkan orang yang jahat harus masuk neraka).
  6. Memalingkan ayat-ayat al-quran yang tampak mutasyabihat (samar).
  7. Al-Quran adalah makhluk.
  8. Manusia bebas memutuskan perbuatannya bukan dari Tuhan.
Disini kaum khawarij memasuki persoalan kufr: siapakah yang disebut kafir dan keluar dari islam? Siapah yang disebut mukmin dan dengan demikian tidak keluar dari, tetapi tetap dalam, islam? Persoalan-persoalan serupa ini bukan lagi merupakan soal politik, tetapi persoalan teologi. Pendapat tentang siapa yang sebenarnya masih islam dan siapa yang telah keluar dari islam dan mejadi kafir serta soal-soal yang bersangkut paut dengan hal ini selamanya sama, sehingga timbullah berbagai golongan dalam kalangan khawarij.
Semua subsekte itu membecirakan persoalan hukum bagi orang yang berbuat dosa besar, apakah ia masih dianggap mukmin atau telah menjadi kafir. Tampaknya, doktrin teologi ini tetap menjadi primadona dalam pemikiran mereka, sedang kan doktrin-doktrin lain hanya pelengkap saja. Sayangnya, pemikiran subsekte ini lebih bersifat praktis dari pada teoretis, sehingga kriteria mukmin atau kafirnya seseorang menjadi tidak jelas. Hal ini menyebabkan dalam kondisi tertentu seseorang dapat disebut mukmin dan pada waktu yang bersamaan disebut kafir.
Lalu apa yang melatarbelakangi kaum khawarij sehingga bersifat dan mempunyai doktrin seperti? Kaum khawarij pada umunya terdiri dari orang-orang arab badawi. Hidup di padang pasir yang serba tandus membuat mereka bersifat sederhana dalam cara hidup dan pemikiran, tetapi keras hati serta berani, dan bersikap merdeka, tidak bergantung pada orang lain. Perubahan agama tidak membawa perubahan dalam sifat-sifat kebadawiannya. Mereka tetap bersikap bengis, suka kekerasan dan tidak gentar mati. Sebagai orang badawi mereka tetap jauh dari, ilmu pengetahun. Ajran-ajaran islam, sebagai terdapat dalam Al-Quran dan Hadits, mereka artikan menurut lafadnya dan harus dilakukan sepenuhnya. Oleh karena itu iman dan paham mereka merupakan iman dan paham orang yang sederhana dalam pemikiran lagi sempit akal serta fanatik. Iman yang tebal, tetapi sempit, ditambah lagi dengan sikap fanatik ini membuat mereka tidak bisa mentolelir penyimpangan terhadap ajaran islam menurut pahaman mereka, walaupun penyimpang dalam bentuk kecil.

atau langsung download :
bagian 1
bagian 2

Perhatian: Untuk melanjutkan dan melewati, klik saja SKIP, di pojok kanan atas,,,!!!

Tidak ada komentar :