.....::::: SELAMAT DATANG, SEMOGA ANDA PUAS DENGAN IRFANNOLNAM YANG POLOS DAN APA ADANYA :::::.....

Selasa, 10 April 2012

MASALAH KATA (Makalah Bahasa Indonesia)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dalam suatu pembicaraan sering terjadi seseorang sulit menguraikan suatu peristiwa atau tidak dapat menyampaikan gagasan melalui kata-kata serta kalimat yang tepat sehingga terjadi penjelasan yang berbelit-belit, panjang lebar, dan kurang terarah. Hal ini menyebabkan pendengar sulit memahami maksud yang disampaikan oleh pembicara dan dapat terjadi salah pengertian.
Untuk menyampaikan maksud pembicaraan, seseorang akan berupaya menggunakan berbagai kata atau ungkapan yang dapat mewakili makna atau konsep yang ingin diutarakan. Setidaknya ia memahami dan menguasai berbagai istilah kata yang berkaitan dengan topik yang akan disampaikan.
Namun, seseorang belum tentu dapat dengan baik mengutarakan atau menjelaskan apa yang sudah dipahami tersebut lewat kata-kata atau kalimat yang tepat dan efektif. Ketidakefektifan seseorang dalam menyampaikan sesuatu dapat disebabkan kurang menguasai kosakata, bentukan kata, atau ungkapan kata yang sesuai dengan topik, gagasan atau maksud yang ingin diungkapkan.

1.2  Rumusan Masalah
Makalah ini dibuat dan disusun berdasarkan rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Pengertian tentang kata
  2. Makna kata
  3. Pemilihan kata yang tepat
  4. Macam dan penggunaan kamus
  5. Bentuk-bentuk kata

1.3  Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah agar mahasiswa bisa menyampaikan maksud atau menjelaskan sesuatu dengan baik dan tepat.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Tentang Kata
Yang dimaksud dengan kata adalah merupakan kumpulan bunyi ujaran yang mengandung arti. Dan dalam bahasa tulis, kata ini dinyatakan sebagai susunan huruf-huruf abjad yang mengandung arti dan sangat jelas. Huruf-huruf dalam abjad tersebut terdiri dari vokal (huruf hidup) dan konsonan (huruf mati). Menurut Charles F. Hockett, kata ialah tiap segmen dari sebuah kalimat yang diapit oleh sendi-sendi yang berturut-turut yang memungkinkan adanya kesenyapan. Menurut jenisnya kata didalam bahasa indonesia dapat dibedakan menjadi 10 jenis, yaitu:
1. Kata benda                    6.   Kata kerja                          11. Kata sifat
2. Kata bilangan                7.   Kata keterangan                12. Kata sapaan
3. Kata depan                    8.   Kata sandang                    13. Kata penunjuk
4. Kata ganti                     9.   Kata penghubung              14. Kata penyangkal
5. Kata keadaan                      10. Kata seru                           15. Kata tanya

Link download disini
Perhatian : untuk melewati dan melanjutkan klik SKIP di pojok kanan atas, tunggu 5 detik, :)

Tidak ada komentar :